Sharing Stories

Senam Hamil Yophytta Bersama Anmum

Haloo… Kali ini saya mau sharing soal senam hamil, lumayan kilas balik sewaktu hamil Abi  usia 32 weeks atau sekitar 7 bulan-an.

Sejak minggu-minggu pertama kehamilan saya memang biasa minum susu untuk ibu hamil, memang banyak beredar di luaran pro kontra mengenai efektivitas susu bagi ibu hamil. Dengan alasan sangat sederhana, tujuan saya mengonsumsi susu adalah untuk menambah nutrisi dan tenaga untuk saya khususnya dan alhamdulillah kalau nutrisinya terbagi untuk bayi di dalam kandungan.

Karena saat trimester pertama, kondisi tubuh saya terkadang lemas dan tidak bersemangat. Ditambah lagi saya termasuk yang mengalami “morning sickness”, entah siapa yang membuat istilah tersebut karena yang saya alami mual dan nyeri  pinggang tidak hanya pada pagi hari tapi sepanjang hari, bahkan pada usia 1-2 bulan pertama mual dan muntah hampir sepanjang waktu karena tubuh saya sepertinya sangat sensitif terhadap bebauan yang tajam dan menyengat.

Jangankan untuk menikmati makanan bahkan hanya sekedar mencicipi saja rasanya mual sekali. Maka dari itu, saya minum susu untuk ibu hamil, berbagai merk saya coba demi mendapatkan rasa yang pas dan dapat dinikmati ditengah kondisi serba mual.

Kalau dengar cerita teman-teman, susu ibu hamil itu cocok-cocokan. Entah kenapa saya cocok dengan susu Anmun rasa coklat (ini bukan endorse ya). Beberapa kali saya beli, suatu ketika sales di sebuah swalayan meminta data saya berikut kontak yang bisa dihubungi.

Satu dua minggu setelahnya, saya diinformasikan akan ada event Senam Hamil bersama Anmum biayanya saya sudah lupa pastinya berapa, yang jelas kurang dari 100.000. Kemudian saya setuju untuk ikut, ternyata tiket masuknya diantar ke rumah saya langsung oleh sales Anmum tanpa biaya tambahan dan saat itu langsung saya bayar untuk tiket masuknya.

Event tersebut diadakan di Hall Mall Kota Kasablanka pada hari sabtu, 7 Februari 2015. Acara utamanya adalah Senam Yophytta, sebelumnya ada diskusi ringan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekolog yang dipandu oleh presenter yang cantik sekali Dona Agnesia.

Hal yang saat itu dibahas mulai dari bagaimana menyikapi berbagai perubahan berharga yang terjadi, kiat cantik dan bugar, sampai peran nutrisi selama kehamilan yang bermanfaat baik bagi ibu dan calon bayinya.

Pada akhir diskusi, Anmum juga memperkenalkan varian rasa terbarunya yaitu Mocha Caramello. Nah event ini ternyata merupakan komitmen Anmum Materna, sebagai parenting partner dalam mendukung para ibu hamil untuk dapat menikmati berbagai perubahan berharga yang terjadi di masa kehamilan.

Selanjutnya acara senam Yophytta yang merupakan gabungan gerakan-gerakan yoga, hypnotherapy, pilates dan tai chi. Gerakan-gerakan senam ini sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kondisi fisik dan emosional ibu hamil yang kadang sangat sensitif dan banyak perubahan pada dirinya.

Saat itu saya merasa dengan ikut event ini, saya tidak merasa sendiri mengalami berbagai perubahan diri dan berbagai keluhan yang saya rasakan. Entah karena ini kehamilan pertama saya, saya selalu merasa senang berada di tengah-tengah ibu hamil seolah ada teman senasib seperjuangan (hehehe).

Diinformasikan disana ada berbagai macam manfaat lainnya dari Senam Yophytta yang dapat dirasakan ibu hamil adalah dapat memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi bengkak-bengkak, meningkatkan keseimbangan otot-otot, mengurangi risiko gangguan gastrointensitenal – termasuk sembelit, mengurangi kejang kaki atau kram, menguatkan otot perut,serta mempercepat penyembuhan setelah kehamilan.

Sudah menjadi kebiasaan saya, saat mengikuti seminar atau workshop bahkan senam hamil rutin yang saya lakukan di RSIA dekat rumah, saya selalu membawa alat tulis untuk memcatat info-info penting. Selain sebagai pengingat, saya juga senang sharing dengan suami tentang hal-hal baru. Jadi kita bisa sama-sama mengingatkan kalau ada yang terlupa.

Beberapa hal-hal penting saat mengikuti event serupa yaitu

1. Pastikan kita tidak lupa membawa tiket masuk. Perhatikan waktu dan tempat acara diadakan. Karena sayang sekali kalau kita terlambat datang, selain tertinggal beberapa rangkaian acara kondisi kita saat hamil juga terburu-buru dan mempengaruhi mood saat itu.

2. Sebelum datang ke tempat acara, tentukan siapa yang akan mengantar ke tempat tersebut. Mengingat event seperti ini biasanya diikuti oleh ibu-ibu hamil yang sudah mendekati HPL dan pastinya terlalu lelah untuk bepergian tanpa pendamping.

3. Jika membawa anak-anak, pastikan mereka juga didampingi entah oleh suami, nenek, baby sister, atau sanak saudara. Ada baiknya tanyakan ke penyelenggara apakah ada playground untuk anak-anak selama menunggu, jika ada tentu baik sekali. Tidak sedikit event seperti ini yang memang menyediakan playground agar anak-anak tidak bosan menunggu.

4. Saat itu acara dimulai kurang lebih pukul 8.00 , di sana disediakn snack untuk dibawa kedalam hall berisi air mineral dan kue-kue kecil. Dan juga saat Coffee Break disediakan berbagai roto dan minuman hangat. Di sana juga kita disediakan susu Anmum FREE. Untuk event yang serupa, kita bisa tanyakan apakah kita mendapatkan konsumsi, jika tidak kita bisa membawa snack dan air minum dari rumah.

5. Setelah proses registrasi, para ibu diberikan seragam berwarna ungu. Tidak perlu khawatir seragamnya tidak muat, karena sepertinya sudah disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dari size maupun cutting-nya.

6. Jangan lupa mengabadikan moment disana!. Biasanya dalam suatu event ada photo booth yang lucu-lucu. Di sana juga ada cetak photo gratis di booth yang sudah disediakan.

7. Setelah acara selesai, bukti registrasi diawal dapat ditukarkan dengan Goodie Bag. Goodie bag tersebut berisi 1 box susu Anmum Rasa Mocha Caramello dan sebuah Mug bergambar ibu hamil, serta beberapa produk sponsor dan booklet-booklet mengenai kehamilan.

Sekian review mengenai Senam Yophytta Bersama Anmum, semoga membantu !

Baca Juga : Perjuangan Menyusui Abi (PART 1)

Baca Juga : Persiapan Meng-ASI-hi 

Leave a Reply

