Diary of Alfarabi

Staycation at Clove Garden Hotel and Resort

Liburan singkat kali dipersembahkan oleh Ayah Abi yang mengambil cuti 7 hari padahal kita belum ada rencana mau liburan ke suatu tempat.

Memang ya semua yang serba mendadak bikin kita panik dan jadi ga siap. Rencana untuk liburan ke Bandung mendadak tercetus begitu saja, kami petualang-petualang sejati (hehe)Β rasanya siap tak siap untuk berangkat liburan kali ini.

Katanya kalau manusia dihadapkan oleh kondisi “kepepet” kerja otaknya akan maksimal bahkan melewati batas. Jadi rencana dadakan ini langsung saya sambut sumringah, pesan hotel jam 10 pagi kemudian kami booking online travel untuk keberangkatan jam 1 siang.

Setelah acara booking-booking tersebut, saya langsung packing untuk perjalanan dua hari semalam kita di Bandung.

Rasanya saya tidak sempat membuat itinerary seperti biasanya, let it flow aja. Selain waktunya tidak ada, toh kami juga hanya sebentar di Bandung. Jadi saya pikir kami akan memaksimalkan kegiatan di hotel dan mungkin akan mendatangi salah satu tempat makan kekinian di Bandung.

Berangkat lah kami pukul 1 siang dengan Baraya Travel. Biaya yang dikeluarkan untuk setiap orang 85.000, termasuk Abi yang sudah berusia 2 tahun. Namun anehnya saat membayar kursi untuk Abi, entah lupa atau bagaimana Abi tidak diberi struk atau nomor kursi. Karena saat itu mobilnya tidak terlalu penuh jadi saya santai saja, karena Abi bisa duduk di beberapa kursi yang kosong. Alhamdulillah, petugasnya memberi kami 3 kursi dalam satu baris jadi Abi pun bisa bebas kesana kemari.

Oh iya, kami pergi dari Baraya Jatiwaringin menuju Surapati 1. Perjalanannya cukup lama karena macet tiada terkira mulai masuk pintu tol hingga tol cikarang. Setelahnya alhamdulillah lancar padahal kami pergi di hari rabu lho.

Dari Baraya Travel cabang Surapati 1, kami langsung menuju hotel karena jam sudah menunjukkan pukul 17.30. Kami segera memesan taksi online, ternyata dari Surapati menuju Clove tidak terlalu jauh.

Namun, jangan kanget dengan track menuju ke sana. Jalannya menanjak seperti mendaki gunung dan Β jalan tersebut hanya dapat dilalui melewati perumahan-perumahan di kaki gunung. Udara sangat segar dan juga dingin pastinya tetapi dikanan kiri jalan tidak ada tempat makan, selain warung nasi goreng dan rumah-rumah besar di sisi jalan.

Tidak lama kemudian, terlihat pintu masuk hotel tidak jauh setelahnya terdapat pintu masuk ke lobby. Kami cukup amazed dengan lobby-nya, nuansanya hangat dengan pilar besar ditengah yang dilingkari sofa dan beberapa bantal ber-cushion motif chevron.

Setelah check in, kami menuju lantai 7 sesuai request kami yang menginginkan high floor room. Honestly, saya harus katakan kalau ukuran kamarnya tidak luas. Kami memesan kamar ukuran deluxe king dengan city view, di malam hari pemandangan dari kaca jendela kami yang luas sangat bagus sekali, banyak lampu warna warni dari gedung-gedung tinggi di kota Bandung, tapi ternyata saat pagi hari view nya tidak kalah indah. Hamparan bukit hijau dan beberapa gedung terlihat dari kamar, and I adore the sky, always!.

Kami sarapan pukul 7 pagi di restaurant dekat lobby, meja dan kursi berjejer langit-langitnya tinggi sekali hampir seperti outdoor. Sarapan yang disediakan buffe,menunya lengkap mulai dari bubur ayam, nasi beserta lauk-pauknya, roti dan selai, Omlet telur dalam satu boot tersendiri, pancake dan bakso cuangki khas sunda, air mineral dan infused water, serta aneka jus.

Menurut saya rasanya lumayan, entah karena lapar di pagi hari atau memang rasanya yang memang tidak mengecewakan seperti review-review mengenai Clove yang bertebaran di dunia maya. Oh iya, saat kami makan hujan cukup deras, jadi ada beberapa tetesan air yang jatuh dari langit-langitnya, akhirnya kami dipindahkan ke meeting room di sebelah restaurant.

Setelah makan, kami berkeliling sebentar. Di Clove ada beberapa boot photo dengan berlatar belakang tulisan Clove Hotel, mereka juga menyediakan properti-properti fotonya seperti quote-quote lucu, properti seperti kumis, mahkota,topi dsb dan juga ada standing poster bergambar Donald Trump mungkin kalau ad yang berminat berfoto dengan Trump bisa berkunjung ke Clove !

Setelah agak siang sekitar jam 9 dan hujan juga sudah lama reda, kami memutuskan untuk mengajak Abi berenang. Di Clove ada 3 kolam renang, yang pertama kolam dengan gelembung air yang entah kenapa airnya tidak hangat dan juga tidak dingin, yang kedua kolam untuk anak-anak karena sangat dangkal, terakhir kolam dewasa kurang lebih kedalamannya 1,7m kalau saya tidak salah lihat πŸ˜…πŸ˜…

Di dekat kolam renang disediakan handuk, tapi tidak boleh dibawa ke kamar karena hanya untuk mengeringkan badan setelah berenang. Di tepian kolamnya juga ada beberapa kursi santai dan di bagian ujung kolam renang ada beberapa bean bag serta meja untuk sekedar ngobrol atau bersantai setelah berenang.

Sayangnya, di dekat kolam renang tidak ada cafe atau semacamnya seperti yang ada dipetunjuk jalan menuju kolam, jadi setelah berenang jika ingin snacking bisa ke restaurant di dekat lobby tadi.

Setelah renang, kami kembali ke kamar. Oh iya, di kamar disediakan 2 botol air minum, water cattle, gula, kopi, teh, dan creamer. Jadi setelah berenang kami minum teh hangat di kamar dan Abi minum susu coklat pastinya!

Sekitar jam 11, kami memtuskan untuk check out. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk menunggu taksi online pesanan kami. Rasanya tidak se- horror seperti driver sebelumnya yang mengatakan akan sulit sekali menemukan taksi online yang mau datang ke Clove karena lokasinya di atas bukit πŸ˜…πŸ˜…

Berikut foto-foto selama kami di Clove Garden Hotel and Resort.