Diary of Alfarabi, Weekend List

HUT TNI AU

Jpeg
Jpeg

Dalam rangka HUT TNI AU ke 71 , TNI angkatan udara mengadakan perayaan yang terbuka untuk umum dan GRATIS, YEEEAY 🙌🙌.

Beberapa hari sebelum perayaannya berlangsung, sekitar satu atau dua minggu sebelumnya sudah banyak pesawat-pesawat latihan yang bertebaran di atas rumah, maklum rumah kita gak begitu jauh dari Lanud AU.

Waktu latihan aja di sekitar rumah sudah banyak banget yang nonton apalagi saat latihan terjun payung, sepertinya hampir semua orang keluar rumah dan berharap penerjunnya jatuh di atap rumah mereka.

Dan sedihnya, ternyata kejadian. Ada beberapa penerjun payung yang gak mendarat di Lanud Halim, tapi ada yang mendarat di atas rumah warga, tersangkut di pohon dan bahkan ada yang jatuh di kali.

Banyak yang beranggapan kegagalan pendaratan ini karena anginnya lagi kenceng banget atau kurang perhitungan waktu turunnya. Sebenernya kita yang awam gak paham apa yang terjadi sampai para penerjun itu mendarat di tempat-tempat yang gak seharusnya.

Lanjut soal perayaan HUT TNI ke 71, ternyata euforia warga sekitar Halim memang besar banget, hari minggu pagi (9/4) sudah banyak rombongan anak-anak maupun ibu bapak yang bawa anak jalan kaki ke Lanud Halim.

Abi yang berniat memang mau ikut lihat langsung ke Halim juga ikutan semangat, karena ngebayangin capeknya jalan kaki ditambah kita gak tahu jalan ke sana. Akhirnya kita memutuskan untuk naik motor dan masuk lewat Jakarta Royal Golf, Halim.

Sampai di pintu masuk, antrian motor sudah penuh banget. Ternyata eh ternyata kita ga diperbolehkan masuk lewat sana, seharusnya lewat perumahan Halim atau jalan-jalan “resmi” untuk ke Lanud Halim.

Karena matahari paginya udah mulai terik dan rasanya kejauhan kalau harus masuk lewat perumahan Halim, karena harus lewat jalan Kalimalang yang lagi pembangungan. Selain akan macet, jalanannya juga berdebu banget.

Akhirnya kita pulang dan…

Dan berniat jalan kaki ke sana 😳😳 karena masih ada beberapa rombongan yang masih lalu lalang menuju Lanud dari jalur belakang.

Kita pun dengan membawa perbekalan air mineral dan roti, juga jaket untuk Abi karena khawatir panasnya akan lebih menyengat, akhirnya memutuskan untuk ikut jalan kaki bersama yang lain.

Jalan yang ditempuh menuju belakang Lanud itu ternyata luar biasa penuh rintangan kawan !!

Melewati tanah-tanah becek di sawah orang, pinggir kali besar yang bahkan tempat buat menapakkan kakinya cuma 2 jengkal, kanan sawah (real sawah yang kalau diinjek nyebur) kiri kali besar jalur BKT (yang kalau nyebur entah gimana cara naiknya karena walaupun dangkal airnya tapi kedalamannya cukup mengkhawatirkan)

Gak cukup sampai disitu, ternyata juga harus lewat pinggir tol 😑, kalau yang sering lewat tol jatiwaringin-cawang pasti familiar di kanan kiri sawah sungai dan tanah becek. Kemudian masuk lah kita ke lorong kecil banget Ya Allah, cuma ukuran 1 orang dewasa jadi masuknya harus gantian satu-satu 😩😩 terasa jadi pengungsi di jaman penjajahan.

Alhamdulillah ga jauh dari sana sudah ada gapura mess TNI AU. Tapi jangan salah, dari gapura masih harus jalan kurang lebih 2 km lagi 🙌 sambil gantian gendong Abi dan panas matahari seakan udah mencapai 200 derajat celcius.

Sampai di lapangan Lanud Halim, ternyata sudah banyak sekali orang. Ada juga beberapa mobil yang siap parade. Banyak yang bawa payung dan ada juga yang bawa karpet bahkan bean bag.

Jpeg
Jpeg

Panasnya memang terik banget padahal baru jam 9an. Karena paradenya belum mulai, jadi kita sempat foto-foto dengan mobil parade dan lihat-lihat beberapa pesawat yang ada di sana.

Sekitar jam 10, parade dimulai. Mulai dari parade mobil-mobil tentara, kemudian ada beberapa motor seperti teatrikal penangkapan teroris. Karena kita ada dibarisan belakang jadi lumayan susah melihat jelas apa yang diceritakan.

Jpeg
Jpeg

Dilanjutkan dengan demo udara dari pesawat latih, helikopter, pesawat angkut, pesawat tempur dan yang paling ditunggu-tunggu penampilan aerobatik udara.

Kemudian, juga ditampilkan pertempuran udara antara pesawat Sukhoi yang bermanuver menggunakan flare, simulasi serangan udara langsung, demo SAR tempur dan simulasi bantuan tembakan udara.

Jpeg
Jpeg

Yang terakhir aksi terjung payung yang alhamdulillah tepat sasaran di landasan. Oh iya, disana ternyata banyak yang jual makanan dan minuman ringan.

Waktu itu Abi beli es krim cone seharga 5.000 rupiah saja, ada juga yang jual berbagai mainan pesawat mulai dari yang berbahan styrofoam sampai figure pesawat dari berbagai maskapai.

Dikarenakan Abi nangis waktu ada simulasi penembakan udara, akhirnya saat penampilannya berlangsung kita sambil jalan kaki pulang. Atraksi terjun payungnya pun kita lihat di jalan. Dan bersyukurnya waktu pulang ke rumah, kita ikut rombongan bapak ibu lain yang juga mau pulang dan mereka ga lewat jalur sawah sungai tadi. Puji Tuhan.

Tapi lewat kebon kebon belantara yang rumput ilalangnya setinggi lutut dan banyak nyamuk. Alhamdulillah masih lebih ringan daripada harus lewat pinggir kali yang bagai jembatan menuju akhirat 😂😂.

P_20170409_103619_1.jpg

Dan kalau ditanya tahun depan mau datang lagi gak ke perayaan HUT TNI, kita pasti lantang akan menjawab…. MAU.

Worth it banget kok perjuangan menuju ke sana dengan atraksi langsung yanf kita lihat. Rasanya beda kaya lihat dari atap rumah, ada sensasi tersendiri yang meledak-ledak gitu.

Yang tidak lupa adalah TIPS JITU ke HUT TNI yaitu

  1. Jangan lupa bawa topi, payung, atau jaket dengan hoodie.
  2. Tikar atau karpet kecil, atau ada juga yang bawa bean bag kalau mau lihat atraksinya lebih nyaman.
  3. Bawa air mineral dan cemilan. Walaupun ada yang jual, tapi jauh dari tempat atraksi diadakan.
  4. Bawa tissue karena akan jauh sekali kalau harus cuci tangan ke toilet.
  5. Ga perlu bawa banyak barang atau tas, karena disana akan lihat atraksi, parade, dan foto-foto supaya ga ribet apalagi kalau bawa anak kecil.
  6. Tidak disarankan untuk lansia, bayi, atau penderita penyakit jantung dsb. Karena akan ada ledakan dan dengungan pesawat yang memekakan telinga.
  7. Siapkan semangat juang yang tinggi !

Berikut dokumentasi selama di sana ya …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s