Diary of Alfarabi, Sharing Stories

Seminar 1000 Hari Pertama Kehidupan

wp-image--752975555

Hari minggu lalu (30/7) Abi dan ibu datang ke acara seminar yang diadakan oleh Velvet Junior yang juga bekerja sama dengan RS Hermina dan @ayomain. Acaranya sendiri diadakan di RS Hermina Bekasi dengan mengusung tema ” 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak” yang membahas tentang “Stimulasi Kreatif Untuk Optimalisai Kecerdasan Buah Hati. SERIUS deh, banyak hal yang bermanfaat dan menginspirasi banget !

Acara dimulai pukul 9 pagi dan selesai jam 12 siang, sayangnya Abi dateng jam 9.30 karena kami gak tau kalau akses ke Hermina Bekasi yang biasa kita lewati dipakai untuk Car Free Day, jadi dijalan pun gelisah banget khawatir acaranya udah kelewatan banyak 😰😰.

Tapi ternyataaaa waktu kita datang acara memang sudah dimulai tapi belum banyak yang terlewat. Saya langsung celingak-celinguk cari temen yang juga hadir di acara tersebut, setelah ketemu saya langsung meluncur untuk duduk di line kedua dari depan (supaya jelas dan eksis kalau difoto 😝).

Jpeg
Ibu dan Abi ikut Lomba Β Foto Instagram dari Velvet Junior

Waktu kami datang sedang membahas tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan. Ternyata ya 1000 hari pertama adalah masa paling penting dalam perkembangan anak, semakin baik stimulasi yang kita berikan, nilai-nilai positif dan limpahan perhatian juga kasih sayang akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal.

Nah, yang saya belum tahu sebelumnya adalah 1000 hari pertama itu rentang waktunya dihitung dari masa janin atau awal kehamilan πŸ˜…πŸ˜… tapi gak apa-apa ya, tidak ada kata terlambat untuk memberikan masukan yang baik ke buah hati, iyaaaaa kaaaaaan.

Ada 3 hal yang benar-benar harus digaris bawahi yaitu ASUH, ASIH, dan ASAH.

Yang pertama adalah ASUH. Asuh meliputi pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, pelengkapan imunisasi untuk anak, kebersihan jiwa dan raga, perawatan kesehatan, sampai pada kebutuhan tidur.

Selanjutnya adalah ASIH. Asih adalah pemenuhan hak anak atas kasih sayang keluarga, jadi segala perhatian dan kasih yang kita limpahkan keanak akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak kita. Jadi… jangan banyak ngomel lagi ya buibu πŸ˜… . Saya percaya, anak yang tumbuh disertai kasih sayang akan jadi anak yang baik dan penuh nilai positif juga dia akan jadi anak yang penyayang juga πŸ’ž.

Sementara ASAH adalah pemberian stimulasi yang sebaiknya diberikan hingga anak berusia 5 tahun, tentunya akan lebih baik lagi kalau kita terus memberikan stimulasi untuk perkembangan mereka yang ideal.

*Ada yang masih baca sampai sini* πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Acara selanjutnya diisi dengan berbagai hal tentang produk Velvet Junior. Super sekali 😍. Banyak hal deh yang sebelumnya saya tidak ketahui tentang produk-produk dari Velvet Junior diantaranya adalah ternyata Velvet produk pertama di Indonesia dengan perlindungan ganda, maksudnya? Ya, proses pembuatannya sangat dipikirkan dan teruji untuk keamanan dan keyamanan anak. Mulai dari kain, kancing, printing, bahkan karet yang menempel pada produk diuji , supaya aman untuk anak.

Jadi, semua produknya teruji sesuai standar Internasional Oeko-Tex Standards 100 Class 1 dan pastinya SNI 😘.

Setelah itu… ada sesi yang ditunggu oleh anak-anak juga orang tuanya siiih yaitu berbagai permainan sensori yang disiapkan oleh tim @ayomain πŸ‘πŸ‘.

 

P_20170730_112754.jpg
Mendengarkan dogeng diiringi petikan gitar oleh Kakak-kakak dari Ayomain

Diantaranya adalah track khusus yang berisi bebatuan, dedaunan , terowongan berpita , bubble wrap juga ada wadah besaaar berisi es.

 

P_20170730_114038.jpg

Jpeg
Merasakan kerikil dan dedaunan
Jpeg
Berjalan di atas bubble warp
Jpeg
Merasakan dinginnya es
Jpeg
Mengenal konsep panas dan dingin melalui sentuhan es

P_20170730_114929.jpg

 

P_20170730_114946.jpg

Abi super excited waktu lihat mainannya, walaupun awalnya gak mau jalan diatas bebatuan karna ga terbiasa πŸ˜… tapi lama-lama malah mau bolak-balik dan gak mau balik ke tempat duduk.

Permainan sensori itu banyak bgt manfaatnya, selain untuk stimulasi sensorik motorik anak juga bisa mengenalkan konsep panas dan dingin atau halus dan tajam secara real.

Selain itu juga bisa mengembangkan kognisi anak karena kita bisa sambil menjelaskan ciri, asal, dan kegunaan benda-benda tersebut. Serta, bisa meningkatkan perbendaharaan kata, karena bocah macam Abi yang banyak tanya bisa sambil diceritakan dengan kalimat-kalimat sederhana.

Dan tentunya, jadi inspirasi banget buat main di rumah, karena barang-barang yang dipakai mudah ditemukan dan ada banget di sekitar rumah Abi yang ada di sekeliling sungai amazon 😝.

Setelah main sensori sana-sini, selanjutnya para orang tua dan anak ditugaskan membuat kotak safari yang bahan-bahannya sudah disiapkan oleh tim @ayomain.

Jpeg
Alat dan bahan yang disediakan tim Ayomain untukmembuat Kotak Safari

Ekspektasinya sih anak-anak bakal excited ngebantu bebikinan, nyatanya…. Abi dan anak temen saya berebutan stick es krim, lem dilempar sana-sini, belum lagi main dorong-dorongan, yang satu lagi sensitif karena ngantuk yang satu juga hobi godain, berakhir dengan pertumpahan air mata 😹😹.

 

Jpeg
Kondisi sebelum perang ketiga dimulai,masih kondusif dan aman terkendali
Jpeg
Pertengkaran dua bocah berebutan ini itu

Alhasil kotak safarinya belum selesai karna kehabisan lem, belum lagi ibunya jadi gak konsen bikin karna anaknya pada tawuran 😰😰 jadi lah Kotak Safari seada-adanya.

Akhirnya tujuan bikin mainan sendiri yang bisa memperat bonding ortu dan anak bisa diwujudkan di rumah masing-masing, karena lebih kondusif dan gak ada patner bocah buat saling rebutan.

Honestly, ajak anak-anak main dan ketemuan itu seru ya, kadang saling berantem setelah saling joget bareng sambil pegangan tangan 😳, peluk-pelukan, usap-usapan pipi dan berantem lagi. Repeat.

P_20170730_110645.jpg
Para bocah bergelantungan di pegangan kursi sementara emak-emaknya dengerin materi seminar
P_20170730_111224.jpg
Ada juga yang malah selonjoran di lantai ,huuuufffht.

Acaranya seru banget ! Gak ketinggalan sorak-sorak waktu pengumuman pemenang lomba posting foto di instagram, dan ternyata temen saya juara 1 πŸ˜‚πŸ˜‚ saya sama Abi udah cukup senang ikut meramaikan lomba walaupun belum beruntung 😁.

P_20170730_121034.jpg
Abi ikutan maju bawakotak safari seadanyaaa

Oh iya, acara ini 100% GRATIS. Pulangnya pun kita banyak bawaan, karena dikasih snack, lunch, juga goodie bag dari Velvet Junior.

Semoga acara seperti ini banyak diadakan yaaaa, karena bermanfaat dan inspiratif sekali. Akhir kata, terima kasih untuk Velvet Junior, RS Hermina Bekasi dan Tim Ayo Main. See you! 😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s