Diary of Alfarabi, Sharing Stories, Weekend List

Mengajak Anak Menikmati Alam Bersama Hiking Bocah

Akhir pekan lalu tanpa terencana sebelumnya, saya mendaftarkan diri untuk ikut trip bersama Hiking Bocah.

Beruntungnya kami masih dapat bergabung meski daftar di penghunjung perjalanan alias sehari sebelum trip dilaksanakan.

Karena tiba-tiba saja saya kepikiran untuk mengajak Abi hiking, didukung ayahnya dan saya yang juga tidak ada acara lain.

Maka, hari minggu pagi kami berangkat dari rumah menuju kawasan Katulampa, Bogor. Nama daerahnya terdengar cukup familiar ya di telinga kita, tidak lain karena ketinggian pintu air katulampa ini sering diberitakan di berbagai media massa khususnya saat musim penghujan tiba.

Kira-kira dua jam perjalanan, akhirnya kami sampai di tempat tujuan yaitu Homebase Hiking Bocah.

Akses jalan menuju ke sini bisa dibilang cukup mudah karena sebelumnya kami sudah diberi petunjuk secara manual maupun via google maps , tetapi tidak sedikit peserta yang tersesat karena jalan yang dilalui bukan jalan umum dan ukuran tidak terlalu luas.

Jalan menuju ke sana hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan jadi jika berpapasan dengan kendaraan lain entah mobil atau motor kita harus mencari tempat terdekat untuk menepi.

Setelah melewati beberapa perumahan dan kebun warga, dari kejauhan terlihat beberapa orang berseragam orange mengarahkan beberapa kendaraan yang lewat untuk segera parkir. Ternyata mereka adalah bagian dari Tim Hiking Bocah

Dari lapangan parkir menuju homebase tidak terlalu jauh, kita bisa berjalan kaki menuju ke sana dan masuk ke halaman rumah yang sudah ditandai dengan spanduk hijau yang cukup besar bertuliskan “Hiking Bocah”.

Kami langsung mendaftarkan diri dan diberi snack untuk sarapan sejumlah peserta yang ikut.

Sekitar pukul 7.30 sudah banyak keluarga lain yang hadir membawa putra-putri mereka, beberapa diantarnya juga berseragam untuk menunjukkan kekompakan masing-masing.

Tepat pukul 9.00 setelah bersama-sama diberi pengarahan oleh Ka Adjie, kami pun berangkat menuju jalur hiking. Biasanya ada 3 jalur yang dibuka yaitu jalur 1 ditempuh selama 1 jam, jalur 2 selama 2 jam dan jalur 3 selama 3 jam. Tetapi untuk trip kali ini yang dibuka hanya jalur 2 karena akan ada acara pelepasan satwa bersama-sama.

Perjalanan pun dimulai, pertama kami harus melewati jalan-jalan sempit pemukiman warga untuk masuk ke jalur pendakian.

Selanjutnya kami memasuki terowongan gelap yang sebenarnya kolong dari tol Ciawi.

Kemudian masuk lah ke tempat hiking yang merupakan area perkebunan, dari kejauhan terlihat jalanan menanjak berbukit yang di kelilingi beberapa pohon besar.

Kami beberapa kali melewati jalan sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu orang dengan berjalan menyamping, lalu beberapa jalan menurun dengan tanah yang cukup licin.

Long story short, (karena kepanjangan banget ya kakak kalau diceritain satu persatu πŸ˜…) sampai lah kami menuju puncak dan tiap anak diberi satu hewan antara kelinci atau burung puyuh untuk dilepas di alam bebas.

Beberapa anak malah menangis ketakutan karena harus memegang hewan-hewan yang akan dilepaskan.

Oh iya, pemandangan di sana luar biasa indahnya. Sejujurnya kami tidak menyangka akan seindah ini mengingat lokasi pendakian tidak terlalu jauh dari kota.

Perjalanan dilanjutkan kembali, kali ini tujuannya adalah menangkap ikan dan bermain air di sungai.

Sungai yang kami datangi adalah perpanjangan dari bendungan katulampa yang sudah terkenal diman-mana, airnya dingin dan masih jernih.

Anak-anak langsung berlarian sesampainya di sungai, ada yang langsung berendam dan bermain air, beberapa juga mencoba menangkap ikan di tepi sungai yang sudah dibendung oleh Tim Hiking Bocah dan yang lainnya asyik bermain lumpur.

Acara selanjutnya adalah rafting, tapi karena kami sudah cukup lelah setelah menempuh perjalanan dua jam.

Jadi, kami memutuskan untuk makan siang dahulu di homebase. Setelah membilas badan setelah bermain di sungai, kami pun menyantap makanan yang telah disediakn secara perasmanan.

Kemudian, kami beristirahat sejenak sambil menunggu tempat rafting sepi, bersama beberapa orang yang juga belum mencoba rafting kami berjalan kaki menuju ke sana. Dan benar saja, masih ada antrian yang cukup panjang.

2 perahu yang digunakan hanya bisa menampung maksimal 12 orang, jadi kami harus menunggu sekitar 20 menit dan menjadi peserta terakhir yang mencoba.

Ternyata track raftingnya sangat pendek, tidak seperti ekspektasi kami sebelumnya πŸ˜… disana pun ada arusnya meski tidak terlalu deras dan sempat melewati beberapa jembatan pendek yang mengharuskan kita menunduk hampir tiarap supaya tidak membentur bawah jembatan.

Usai merasakan pengalaman rafting pertama kalinya untuk Abi, kami kembali ke homebase untuk mandi dan sholat. Setelah itu kami bergegas pulang dan menuju tujuan selanjutnya.

Pesan dan Kesan

Kami cukup senang bisa menikmati keindahan alam tanpa harus melakukan perjalanan yang jauh dan panjang ke luar kota, meski ini bukan pengalaman pertama kami hiking atau bermain di sungai namun tetap jadi pengalaman baru lagi karena bisa menikmati alam bersama dengan kelurga lain.

Meski saat mendaki kemarin Abi lebih banyak digendong daripada jalan sendiri, tapi dia tetap senang karena bisa merasakan berbagai hal yang tidak ditemui sehari-hari, seperti melepas satwa, menyentuh berbagai tekstur tumbuhan, melewati tanah licin dan sempit, bermain di sungai dan bertemu dengan anak-anak lain.

Semoga lain kali ada kesempatan lagi untuk ikut trip selanjutnya πŸ˜€

Rincian Biaya Trip Hiking Bocah

Anak : 50 ribu/orang

Pendamping : 20 ribu/orang

Snack : 15 ribu/orang

Makan siang : 25 ribu/orang

Rafting : 15 ribu/orang

Informasi detail dapat dilihat di akun instagram @hikingbocah

Dokumentasi selama di sana :

Terima kasih sudah membaca, semoga sharing ini bermanfaat yaa